Beranda Berita KPU RAPAT KOORDINASI REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2021 TINGKAT KOTA TEGAL

RAPAT KOORDINASI REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2021 TINGKAT KOTA TEGAL

Hari Jumat ini (5/3) KPU Kota Tegal melaksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan tingkat Kota Tegal. Turut hadir Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Bawaslu Kota Tegal dan anggota Parpol Kota Tegal.

Ketua KPU Kota Tegal Elvi Yuniarni, SH menyampaikan bahwa perlu adanya sinergitas antara KPU, Bawaslu dan Disdukcapil dalam menampilkan data pemilih, disamping itu masyarakat yang saat ini diwakili oleh Partai Politik ikut juga mencermati, sehingga harapannya pada saat Pemilu tidak ada lagi persoalan tentang Daftar Pemilih Tetap yang di keluhkan oleh masyarakat. Dengan adanya rakor ini paling tidak bisa meminimalisir persoalan-persoalan yang sering terjadi.

Menurut Kepala Dinas Dukcapil Basuki, SE, MM., saat ini lembaganya sedang melakukan proses perubahan Perda yang sudah diajukan ke DPRD, dan mendapat tanggapan yang positif.  Diharapkan pada bulan April, program tersebut bisa terlaksana.

Sejauh ini Disdukcapil melakukan jemput bola untuk melakukan penyisiran data yang meninggal dan menerbitkan akte kematian massal, yaitu dengan membentuk Relawan Adminduk, dimana  mewakili 163 RW. Tugas relawan Adminduk adalah melaporkan semua peristiwa kependudukan antara lain kematian, kelahiran dan pindah di RW nya masing-masing.

Selanjutnya data-data tersebut akan diinput melalui aplikasi “Jakwir Cetem” yang merupakan kependekan dari Jok Ngasi Wira Wiri Cepat Melayani. Maksudnya adalah agar masyarakat kota Tegal tidak perlu repot kesana kemari  mengurus data kependudukan karena Disdukcapil melayani dengan satu sentuhan aplikasi cepat.

Dengan inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi validitas data kependudukan Kota Tegal. Pada akhirnya akan berdampak baik pula pada data pemilih yang ada di KPU. Diharapkan di akhir tahun 2021 ini semua permasalahan data pemilih, terutama untuk data pemilih pemula dapat diselesaikan.

Sementara KPU Kota Tegal dalam hal ini Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Akhmad Khaerudin, SH., sangat mengapresiasi atas kerjasama yang baik dan inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil.

Sementara itu Bawaslu menyampaikan bahwa kinerja pada saat sebelum pemilu adalah dengan pencermatan data pemilih agar penyelenggara pemilu dan stakeholder dalam hal ini Disdukcapil lebih berkualitas dengan melakukan inovasi –inovasi sehingga bisa mensinkronkan data membangun data sentral (database).

Untuk Berita Acara DB bulan Februari data bisa diklik di sini
Untuk data per by name bisa dilihat di sini

Berita Terbaru