Beranda Berita KPU RAPAT KOORDINASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN KPU KOTA TEGAL UNTUK BULAN JANUARI 2021

RAPAT KOORDINASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN KPU KOTA TEGAL UNTUK BULAN JANUARI 2021

KPU Kota Tegal kembali menyelenggarakan rapat Daftar Pemilih Berkelanjutan untuk bulan Januari 2021 pada Kamis (25/2). Bertempat di aula KPU Kota Tegal, rapat koordinasi dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Tegal dan Disdukcapil Kota Tegal dan sejumlah perwakilan partai politik NasDem, Gerindra, Golkar, PPP, PKS, Hanura, Garuda, Berkarya, PAN, dan PKB.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Tegal, Elvi Yuniarni, SH menyampaikan pemeliharaan daftar pemilih berkelanjutan cukup penting dilakukan. Setidaknya untuk meminimalisasi kesalahan penyusunan DPT pada Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun  2024 mendatang. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi wadah bagi pemangku kebijakan untuk bersinergi dan berperan aktif dalam data pemilih di Kota Tegal.

Akhmad Khaerudin, SH selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Tegal menjelaskan, dalam DPB Januari 2021, terdapat perbedaan dari DPB sebelumnya. Dalam DPB tahun ini, ada komponen baru yang ditambahkan yaitu daftar pemilih pemula yang berusia 17 tahun pasca pemilu 2019 dan pemilih pemula di Bulan Januari 2021. Sehingga dengan penambahan komponen tersebut, DPB Januari 2021 di Kota Tegal mengalami kenaikan sekitar 1.73% menjadi 204.654 pemilih dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 201.165 pemilih. Jumlah ini terdiri dari 50.693 pemilih di Kecamatan Tegal Selatan, 43.675 pemilih di Kecamatan Margadana, 49.806 pemilih di Kecamatan Tegal Barat, dan 60.480 pemilih di Kecamatan Tegal Timur. Sedangkan rasio antara pemilih laki-laki dan perempuan tidak berbeda jauh, yaitu 101.444 pemilih laki-laki dan 103.210 pemilih perempuan.

Selain penambahan dalam komponen pemilih pemula, kini masyarakat dapat turut serta memberi masukan atas daftar pemilih. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Plt. Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021. Masyarakat dapat memantau DPB melalui website KPU Kota Tegal. Jika menemukan data yang tidak tepat, maka masyarakat dapat memberi masukan secara tertulis. Selanjutnya, KPU Kota Tegal akan melakukan pengecekan secara mendalam. Jika perbaikan data harus dilakukan, maka perbaikan tersebut akan tercantum dalam formulir rekapitulasi per bulan Kab/Kota.

Dengan adanya perubahan kebijakan dalam surat edaran tersebut, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk mencermati daftar pemilih berkelanjutan. Daftar pemilih ini akan terus mengalami perubahan sesuai dengan pertambahan jumlah penduduk, mobilitas penduduk, angka kematian, dan kesadaran masyarakat dalam pengurusan data kependudukannya.Berikut adalah Berita Acara Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan dibulan Januari 2021 klik disini (uli)

Untuk memberikan tanggapan masyarakat dapat menggunakan form klik disini

Berita Terbaru