Beranda Berita KPU Daftar Pemilih Berkelanjutan adalah Data Dinamis

Daftar Pemilih Berkelanjutan adalah Data Dinamis

KPU Kota Tegal menggelar Rapat Kordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk bulan Maret tahun 2021 pada hari Senin (5/4). Rapat dilaksanakan di aula KPU Kota Tegal dengan menggunakan aturan prokes dan diikuti oleh Komisioner KPU Kota Tegal, Bawaslu, perwakilan Disdukcapil Kota Tegal, dan sejumlah perwakilan Partai Politik.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Tegal, Elvi Yuniarni, SH menyampaikan bahwa rakor DPB penting dilakukan karena data penduduk sangat dinamis. Dengan adanya rapat koordinasi bulanan seperti ini, diharapkan kesalahan data semakin minim.

Akhmad Khaerudin, SH selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Tegal menjelaskan bahwa dalam DPB bulan Maret tahun 2021 mengalami sedikit penurunan. “Untuk DPB bulan Maret tahun 2021 angkanya mencapai 204.659. Angka ini lebih kecil dari bulan sebelumnya sejumlah 204.852. Penyebab penurunan tersebut utamanya terjadi karena sekarang KPU hanya memasukan pemilih pemula yang sudah ber E-KTP, data pindah dan meninggal yang ada di bulan Maret tahun 2021,” ujarnya.

Secara rinci, angka 204.659 tersebut terdiri dari sebagai berikut: 50.700 pemilih di Kecamatan Tegal Selatan; 43.690 di Kecamatan Margadana; 49.789 di Kecamatan Tegal Barat; dan 60.480 di Kecamatan Tegal Timur. Sedangkan rasio antara pemilih laki-laki dan perempuan tidak berbeda jauh, yaitu 101.441 pemilih laki-laki dan 103.218  pemilih perempuan.

Dalam sesi tanya jawab, Disdukcapil Kota Tegal menyarankan adanya perbaikan sarana untuk menunjang pengolahan data di KPU Kota Tegal. “Saat ini kemajuan teknologi sudah sangat pesat. Sebaiknya KPU Kota Tegal mulai mengupgrade sarana dan prasana yang dimiliki agar di tahun 2024 nanti pengolahan data sudah lebih maksimal dan akurat. Mulai dari server, sistem database, dan instrumen IT lainnya”, ujar Tunggal, Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Tegal.

DPB sendiri merupakan upaya untuk memelihara data pemilih pasca pemilu tahun 2019. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan memudahkan pendataan pemilih ketika memasuki tahapan pemilu di tahun 2024 mendatang. Untuk berita acara dan rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan bulan Maret tahun 2021 dapat klik disini

 

 

Berita Terbaru